Header Menu

 

KARAWANG, oretan.id

Pengaruh Pemerintah Kabupaten Karawang terhadap sejumlah pelaku usaha dan industri masih terbilang rendah. Hal itu nampak dengan masih minimnya perusahan-perusahaan yang memberikan CSR hewan kurban melalui Pemkab Karawang. Dari sekitar 2.000 perusahaan hanya ada 21 ekor sapi 4 kambing yang diterima pihak Masjid Al-Amal Pemkab Karawang yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang Acep Jamhuri. Dari jumlah pemberi hewan kurban ternyata didominasi perusahaan plat merah seperti PDAM, PT. Pupuk Kujang, dan BJB. 

"Kedepannya Pemkab Karawang harus memiliki power yang lebih kuat, sehingga perusahaan-perusahaan semakin banyak yang berpartisipasi dalam kegiatan CSR termasuk didalamnya kegiatan keagamaan seperti kurban," kata Wakil Ketua II DPD Warga Jaya Indonesia, Ahmad Suhendra yang ditemui di kediamannya Telagasari Kabupaten Karawang, Sabtu, 9 Juli 2022. 

Ahmad Suhendra mengatakan meski dalam syariat Islam perintah kurban ditujukan bagi individu muslim dan tidak bersifat kolektif bagi perusahaan. Namun kehadiran Hari Raya Iduladha maupun kegiatan keagamaan lainnya yang menyangkut program kesalehan sosial, setidaknya bisa melibatkan institusi yang memiliki kemampuan finansial untuk berdonasi. Secara kasat mata ia menyebutkan ada beberapa perusahaan yang memberikan donasi kurban secara langsung ke masyarakat, namun masih banyak juga perusahaan yang abai dan tidak mau berpartisipasi dalam kegiatan kurban. 

Bahkan beberapa kegiatan kurban yang diselenggarakan perusahaan ternyata merupakan donasi dari uang pribadi para karyawan, sehingga sebenarnya perusahan tidak andil dalam memberikan CSR kurban. pihak Warga Jaya Indonesia Kabupaten Karawang berharap ada sikap tegas dan keberanian dari Pemkab Karawang untuk bisa mengatur pengelolaan program CSR, salah satunya program Kurban. 

"CSR merupakan kewajiban perusahaan yang harus disalurkan. Adapun bentu penyalurannya bisa beraneka ragam sesuai dengan kondisi dan kebutuhan. Seperti kurban pada Lebaran Iduladha atau pembangunan sarana pendidikan bagi sekolah-sekolah swasta yang tak tersentuh bantuan pemerintah," kata Wakil Ketua II DPD Warga Jaya Indonesia Kabupaten Karawang. 

Sebelumnya Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang Acep Jamhuri dalam sambutan dalam penyerahan bantuan hewan kurban secara simbolis di Masjid Al Amal Pemda Karawang, Jumat 8 Juli 2022. Menyampaikan terima kasih kepada seluruh mitra pemerintah daerah khususnya perusahaan yang ada di Karawang atas bantuan hewan kurban yang telah diberikan kepada masyarakat Karawang. Bantuan 21 ekor sapi dan 4 ekor kambing diserahkan ke masyarakat. (Rr/ Redaksi) 

Previous Post Next Post