Header Menu


Komitmen Gibas Jaya Sukseskan Pembangunan di Kabupaten Karawang dalam HUT ke 6 Gibas Jaya di GOR Panatayudha Karawang, Minggu 12 Maret 2023 


Karawang, oretan.id 

Lama tak muncul dihadap publik, sosok Karda Wiranata muncul di Hari Ulang Tahun Gibas Jaya ke 6 di GOR Panatayuda Karawang pada Minggu, 12 Maret 2023. Mantan Ketua DPC PDI Perjuangan itu didapuk menjadi Pembina Gibas Jaya. Dalam sambutannya di hadapan ratusan anggota Gibas Jaya  mengingatkan keberadaan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) harus mengedepankan nilai-nilai sosial yang kongkret di masyarakat. Ia tak ingin ada kesan bahwa ormas atau LSM sekedar ribut di kawasan industri. 

"Saya tidak membenarkan adanya keributan yang dilakukan pihak manapun termasuk LSM atau ormas. Tetapi kita juga harus bertanya mengapa terjadi keributan, pasti ada akar masalahnya. Salah satunya permasalahan adalah terjadinya jual beli limbah pabrik. Harusnya limbah itu tidak diperjual belikan. Kalau sudah begini bagaimana?. Mari kita lakukan dengan cara-cara yang elegan, datangi perusahaan diskusi kita disana," kata Karda. 

Selain itu Karda juga mengatakan adanya ketidakadilan yang terjadi dengan kurang terakomodirnya masyarakat Karawang terlibat di dunia industri mulai dari pekerja pabrik, pekerja alihdaya hingga pengelola limbah. Tentunya ia berkeinginan agar permasalah industri bisa terakomodir dengan baik tanpa ada keributan lagi.  

Selanjutnya Karda juga berharap agar APBD Kabupaten Karawang berpihak kepada rakyat. Peran ormas dan LSM adalah mengawal alokasi anggaran agar tepat sasaran. 

Sementara itu Ketua Umum Gibas Jaya Satrio mengatakan pihaknya akan terus berupaya agar organisasi yang dipimpinnya bisa bermanfaat langsung bagi masyarakat, Gibas Jaya juga menyampaikan bahwa mereka siap bersinergi dengan Pemkab Karawang, sepanjang penyelanggaraan Negera berjalan dengan benar dan berpihak kepada rakyat. "Bagaimanapun kita harus membuka pintu kerjasama dengan pemerintah, sepanjang kebijakannya berpihak kepada masyarakat. 

Di tempat yang sama tokoh masyarakat Karawang Sonny Hersona mengatakan banyaknya tokoh politik yang masuk ke ormas merupakan wujud bila ormas memiliki daya tarik bagi politisi. Bahkan di satu ormas sudah berhimpun beberapa politisi dari parpol yang berbeda. "Tentunya ini daya tarik dan daya tawar yang bagus, karena tujuannya memang untuk kepentingan bangsa dan negara, menjaga integritas persatuan dan kesatuan bangsa," kata dia.


Previous Post Next Post