Header Menu



 

Bogor, Oretan
Aksi kegiatan sosial donor darah sudah sering banyak dilakukan oleh berbagai kalangan maupun kelompok masyarakat. Begitu juga dengan Ormas Pejuang Siliwangi Indonesia Bersatu. Hanya saja, organisasi yang berdiri sejak 2 Juli 1922 itu mengemas kegiatan donor darah dengan berbagai hiburan dan pameran usaha kecil mikro dan menengah (UMKM). "Tujuannya agar orang semakin tertarik untuk donor darah. Buktinya sebelum Dzuhur kegiatan donor darah sudah selesai karena pasokan kantong darah sudah habis. Saya rasa ini merupakan keberhasilan Ikatan Wanita Pejuang Siliwangi (IWAPSI) dan teman-teman dari komunitas juga TNI yang berhasil menarik animo masyarakat," kata Wakil Ketua Umum IWAPSI Regina Andriane Saputri yang juga sebagai Pengurus PMI Kota Bogor disela-sela acara donor darah yang berlangsung di Lapangan Sempur Kota Bogor, Minggu 18 Juni 2023.  

Sementara itu Ketua Harian PS Indonesia Bersatu Marsekal Muda (TNI) Asep Chaerudin mengatakan bahwa PS sebagai sebuah organisasi harus membawa manfaat yang besar bagi masyarakat. Kegiatan donor darah salah satu program yang dirancang IWAPSI bersama PMI Kota Bogor untuk membatu sesama. "Seperti yang dikatakan oleh Ketua PMI Kota Bogor (Edgar Suratman), sebagai daerah perlintasan yang padat tingkat kecelakaan di Bogor terbilang tinggi dan korbannya pun sebagai besar berasal dari luar daerah, kondisi ini membawa dampak bahwa kebutuhan darah di Kota Bogor terbilang tinggi," kata dia. 

Marsekal Muda (TNI) Asep Chaerudin juga menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak termasuk kepada jajaran TNI di Kota Bogor seperti Batalyon 315 Garuda, Lanud Atang Sendjaja, Korem 061 Suryakancana, Dempom I Kota Bogor, Kodim 0606 Bogor, dan semua pihak yang tidak bisa ia sebutkan satu persatu. 

Atraksi Hiburan 

Usai menyumbangkan darahnya, tiga mantan perwira tinggi TNI menunjukan kemampuan ilmu kanuragannya. Mereka adalah Mayjen TNI (Purn) Raden Gautama Wiranegara, Ketua Umum Pejuang Siliwangi Indonesia Bersatu, Marsekal Muda TNI (Purn) Asep Chaerudin Ketua Harian Pejuang Siliwangi Indonesia Bersatu dan Brigadir Jenderal (Purn) Kemal Hendrayadi Ketua DPD Pejuang Siliwangi Indonesia Bersatu Provinsi Jawa Barat. Ketiganya mempertunjukan atraksi debus, dengan tidak mempan di bacok menggunakan senjata tajam. Bahkan pemain debus dari Paguron Pejuang Siliwangi (PS) Indonesia Bersatu asal Kota Bogor itu beberapa kali menunjukan bahwa golok yang dikenakan ke tubuh tiga jenderal itu benar- benar tajam, termasuk saat golok menebas lidah Marsekal Muda Asep Chaerudin, yang tak terluka sedikitpun. "Goloknya sangat tajam, sudah diasah dan saudara lihat sendiri bambu pun langsung terbelah," kata salah seorang pesilat Paguron PS
di hadapan khalayak umum saat menghibur peserta donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis di Lapangan Sempur Kota Bogor pada Minggu, 18 Juni 2023. 

Riuh tepuk tangan pun ramai dari para penonton yang hadir. Setelah atraksi tiga jenderal yang kebal di bacok, para pesilat PS pun menunjukan kebolehan atraksi lainnya yaitu permainan api yang kian menbuat decak kagum penonton. Sementara itu Ketua Umum PS Indonesia Bersatu, Mayjen TNI (Purn) R. Gautama Wiranegara mengatakan atraksi debus hanyalah sebatas hiburan untuk masyarakat umum yang usai berolah raga di Lapangan Sempur. Ia juga mengatakan kemampuan bela diri yang dimiliki oleh para anggota PS jangan disalahgunakan untuk kepentingan yang tidak baik. Bila itu terjadi dirinya beserta jajaran akan bertindak tegas. Justru Mayjen TNI (Purn) R. Gautama berharap kemampuan bela diri harus digunakan untuk hal yang bermanfaat dengan membantu pemerintah, khususnya TNI/Polri dalam menjaga keamanan negara.
Previous Post Next Post